Beranda | Artikel
Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 112 - 113
Kamis, 13 September 2018

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Yahya Badrusalam

Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 112 – 113 adalah kajian tafsir Al-Quran yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. Kajian ini beliau sampaikan di Masjid Al-Barkah, komplek studio Radio Rodja dan RodjaTV pada Selasa, 16 Dzul Hijjah 1439 H / 28 Agustus 2018 M. 

Kajian Tafsir Al-Quran: Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 112 – 113

Dalam ayat ke 112 ini Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

بَلَىٰ مَنْ أَسْلَمَ وَجْهَهُ لِلَّـهِ وَهُوَ مُحْسِنٌ فَلَهُ أَجْرُهُ عِندَ رَبِّهِ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ ﴿١١٢﴾

(Tidak demikian) bahkan barangsiapa yang menyerahkan diri kepada Allah, sedang ia berbuat kebajikan, maka baginya pahala pada sisi Tuhannya dan tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” (QS. Al-Baqarah[2]: 112)

Disini Allah subhanahu wa ta’ala hendak menjelaskan sifat orang yang berhak masuk surga.

Faidah Ayat:

Pertama, bahwa penduduk surga itu adalah yang terkumpul padanya dua sifat tadi. Yaitu ikhlas dan ittiba’ atau mengikuti Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Namun untuk mengikuti Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah mudah. Allah subhanahu wa ta’ala menyebutkan bahwa orang yang bisa menjadikan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai  suri tauladan harus memiliki tiga sifat. Yaitu mengharapkan keridhaan Allah, mengharapkan kehidupan akhirat dan banyak berdzikir kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Kedua, bahwa sebatas niat untuk ikhlas saja tidak cukup untuk diterima ibadahnya.

Ketiga, pahala yang didapatkan oleh orang yang ikhlas dan ittiba’ Rasul itu akan terus eksis nanti dihari akhirat dan tidak akan sia-sia.

Keempat, balasan sesuai dengan jenis amal. Pada ayat di atas disebutkan bahwa nanti ketika diakhirat mereka tidak akan merasakan takut karena ketika di dunia sudah merasa takut kepada Allah. Maka Allah pun berikan balasan yang sama. Bahwa nanti dihari akhirat tidak akan merasa takut.

Simak dan Download MP3 Kajian Tafsir Al-Quran: Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 112 – 113


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/44670-tafsir-surat-al-baqarah-ayat-112-113/